Kulit mengelupas, gatal, kusut, dan tampak menjemukan bukanlah hal yang menyenangkan. Beberapa, seperti Anda benar-benar, bergumul dengannya lebih dari yang lain. Kita bisa menyalahkan gen kita sampai titik tertentu, tapi ada banyak yang bisa kita lakukan sendiri untuk kulit yang terlihat bagus, seperti mengikuti rutinitas perawatan kulit yang mencakup pelembab wajah.
Beberapa sebum baik, karena membantu Anda menahan air di kulit Anda, membuatnya bagus dan halus, tetapi juga merupakan bahan yang, ketika Anda memiliki terlalu banyak di kulit Anda, menyebabkan noda dan berjerawat. Namun, menggosok sebum secara berlebihan saat Anda mencuci muka atau tangan dapat membuat kulit Anda kering.
Mengetahui apa yang dibutuhkan kulit Anda akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat.
Meskipun memilih pelembab kulit yang tepat mungkin tampak membingungkan, sebenarnya sangat sederhana jika Anda mengikuti beberapa pedoman.

Cara Kerja Pelembab Kulit

Pembersih dan pelembab adalah produk kulit terpenting, terutama untuk melembutkan kulit kering. Pelembap kulit bekerja dengan menahan kelembapan di lapisan luar kulit dan dengan menarik kelembapan dari lapisan dalam kulit ke lapisan luar.

Bahan utama yang mengunci kelembapan adalah petrolatum, minyak mineral, lanolin, dan dimetikon.

Beberapa pelembab kulit juga mengandung alpha hydroxy acid (AHA), yang mengelupas kulit mati.

Menemukan Pelembab Kulit Untuk Anda

Toko SehatQ merekomendasikan memilih pelembab yang dibuat oleh perusahaan terkemuka.
Gunakan tabir surya tambahan. Melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari yang berbahaya adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit Anda tampak muda, jadi belilah pelembab dengan faktor perlindungan matahari minimal 30. Anda harus melakukan beberapa pencarian, tetapi lebih banyak perusahaan yang menawarkan pelembab wajah dan tubuh dengan tabir surya.
Buat sesuai jenis kulit. Kulit di wajah Anda lebih tipis dan lebih sensitif, jadi sebaiknya gunakan pelembab yang berbeda di wajah Anda daripada yang Anda lakukan di tubuh Anda. Pilih yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda tahu Anda memiliki kulit sensitif, sebaiknya mencari pelembab berlabel hipoalergenik. Jika Anda memiliki kulit berminyak, gunakan pelembab bebas minyak yang ringan. Jika Anda memiliki kulit kering, carilah yang lebih kaya. Dan jika Anda memiliki kulit kombinasi, gunakan pelembab yang lebih ringan untuk seluruh wajah Anda dan area yang lebih kering dengan krim yang lebih kental.

Pertimbangkan untuk menggunakan pelembab dengan retinol sebelum tidur. Retinol adalah vitamin A untuk kulit Anda. Ia bekerja dengan meningkatkan kecepatan peralihan sel-sel kulit Anda. Anda dapat menemukannya tanpa resep atau dengan resep, tetapi gunakan dengan hati-hati karena dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit merah, atau kulit kering.

Kapan Harus Melembabkan

Setelah Anda menemukan produk yang tepat, lembapkan setiap hari dan Anda akan sangat membantu dalam mencegah kulit kering dan bahkan menyamarkan kerutan. Meskipun pelembab kulit tidak dapat menghilangkan kerutan – karena keriput muncul lebih dalam di kulit karena hilangnya kolagen – pelembab dapat membuat kulit kenyal dan meminimalkan penampilan mereka.

Pelembap apa pun yang Anda pilih, akan bekerja lebih baik jika Anda mengaplikasikannya pada kulit yang lembap. Pikirkan tentang spons yang mengering. Jika Anda mengoleskannya, pelembab tidak akan kemana-mana. Tetapi jika Anda merendam spons di air dan melapisinya dengan pelembab spons akan menyerapnya. Kulit Anda bekerja dengan cara yang sama.

 

Image: https://unsplash.com/photos/dPs0DEGrM9A